The traditional clothing of Ngalum tribe (District Okbibab) Pegunungan Bintang
Yepmum, Telep, Asbe, Yelako, Lapmum,

Monday, July 18, 2011

BUKU MERUPAKAN GURU YANG BAIK

By : Kasipdana Otys


Mengapa buku merupakan guru yang baik?

Ada sebuah ungkapan mengatakan bahwa : “katakan apa yang and baca dan saya akan memberitahukan siapa anda”. Bagi saya sebuah buku adalah guru yang baik yang selalu membimbing saya sepanjang kehidupan saya serta pendamping yang benar-benar mendorong saya dan memberikan solusi dalam segala kesulitan yang saya hadapi. Bahkan buku merupakan sumber pengetahuan berharga bagi mereka yang ingin menguasai segala yang mereka tidak mengenal sesuatu sebelumnya.
Melalui membaca buku baik karya orang dalam maupun luar negeri akan dapat menolong kita membuka wawasan kita untuk mengetahui lebih banyak tentang kebudayaan serta peradaban suku bangsa lain di dunia dalam segala aspek kehidupan baik sains, sosiologi, antropologi, teknologi dan ekonomi serta bidang-bidang lainnya. Tidak ada yang menyangkal peran penting buku dalam memgembangkan pengetahuan manusia. Semakin banyak kita membaca, semakin kita menjadi bijaksana dan memiliki banyak pengalaman. Dengan membaca buku, kita akan dapat membuang semua prasangka dan pikiran-pikiran sempit.

Selanjutnya, buku adalah sahabat sejati yang selalu berbagi kegembiraan dan penderitaan dalam kegiatan sehari-hari kita. Jika anda dalam keadaan susah dan kecewa dalam setiap urusan kita, bacalah cerita-cerita humor halus yang terkena “humorist” di dunia. Percaya atau tidak, semua kesedihan dan kekecewaan anda akan lenyap sekaligus.
Singkatnya, membaca buku akan membantu kita melatih kepribadian kita. Mereka membantu kita membedakan baik dari yang buruk dan mereka membawa kita kearah yang benar, baik dan indah.
Semoga kutipan ini menjadi bahan motivasi bagi kita untuk  mau membaca buku.



No comments:

Post a Comment

Thanks for visiting my blogspot