The traditional clothing of Ngalum tribe (District Okbibab) Pegunungan Bintang
Yepmum, Telep, Asbe, Yelako, Lapmum,

Sunday, May 15, 2011

MINUMAN BERALKOHOL



Mengenal Minuman Keras (Miras) 

      Minuman keras meliputi seluruh jenis minuman yang mengandung alkohol (nama kimianya etanol) Menurut catatan arkeologi, minuman beralkohol sudah dikenal manusia sejak kurang lebih 5000 tahun yang lalu. Di Indonesia, dikenal beberapa minuman lokal yang beralkohol, misalnya brem, tuak, cap tikus, ciu dll. Alkohol dapat dibuat melalui fermentasi (peragian) berbagai jenis bahan yang mengandung gula, misalnya buah-buahan (seperti anggur, kelapa, apel dll), biji-bijian (beras dan gandum), umbi-umbian (seperti singkong) dan madu.

     Menurut peraturan Direktorat Pengawasan Obat dan Makanan Departemen Kesehatan, minuman keras dibagi kedalam tiga golongan berdasarkan kadar alkohol didalamnya:
a) Golongan A : Kadar alkohol 1-5%, misalnya bir.
b) Golongan B : Kadar alkohol 5-20%, misalnya anggur.
c) Golongan C : Kadar alkohol 20-45%, misalnya wiskey dan vodka


Penyakit yang Disebabkan oleh Minuman Keras (alkohol)

Alkohol merupakan salah satu zat adiktif yang dapat mengakibatka efek ketagihan atau ketergantungan. Alkohol yang terkandung dalam minuman keras dapat berbahaya bagi tubuh dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Diantaranya adalah kecanduan, kerusakan pada jaringan otak, gangguan perut dan pencernaan, serta mempengaruhi fungsi kerja hati. Organ yang dapat mengalami gangguan akibat penggunaan minuman keras antara lain:
a) Fungsi otak terganggu yang menyebabkan kehilangan sistem koordinasi tubuh, gangguan penglihatan, dan susah bicara. Jika penggunaan dicampur dengan obat lain, dapat menyebabkan pingsan dan kejang-kejang.
b) Fungsi kerja jantung tidak stabil dan denyut jantung berdegup keras.
c) Produksi asam lambung meningkat dan menyebabkan terjadinya penyakit maag kronis atau peradangan lambung (gastritis)
d) Merusak organ hati yang berakibat pada mengerasnya hati karena tidak berfungsi dengan baik, yang pada akhirnya dapat menyebabkan hepatitis (cirrhosis). 

Sumber: Michael Purba. Kimia SMP Kelas VII. Jakarta : Erlangga.
Nurul Kamilati. Mengenal kimia I. Jakarta : Yudistira.


      Dengan demikian, minuman keras merupakan seluruh jenis minuman beralkohol yang mengandung etanol. Etanol adalah bahan psikoaktif yang mana dalam mengkonsumsinya akan   menyebankan penurunan kesadaran dalam tubuh manusia. Alkohol sangat bermanfaat bagi tubuh manusia jika dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya, misalnya sebagai bahan pelarut pada produk kosmetik dan selain itu, di gunakan sebagai alat medis di rumah sakit.









1 comment:

  1. Terimakasih, tulisan di blog anda sangat mencerahkan.
    Kisah operasi militer, kesehatan yang buruk, otonomi khusus yang tidak tepat sasaran, minuman keras yang merusak generasi muda papua, kemerdekaan papua barat, semuanya menarik.
    Semoga pegunungan bintang bisa lebih baik.

    ReplyDelete

Thanks for visiting my blogspot